Digital Copyright – Creative Commons ?

Apa yang dimaksud dengan creative commons dan kaitannya denggan perlindungan hak cipta konten digital ?
Creative commons adalah sebuah sistem yang memberikan lisensi gratis atau hak menggunakan konten digital tersebut yang terbuka di internet,bagi oenggunannya bagi copyright. Kaitannya dengan perlindungan hak cipta yaitu berperan untuk menyediakan dan mengurus lisensi bagi mereka yang ingin melindungi hak cipta mereka di internet, dimana semua lisensi cc dalam batas batas hukum hak cipta.
Ada berapa jenis model creative commons dan bagaimana penggunaannya?
Ada 6 model :
Atribusi 
CC BY

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda atas ciptaan asli. Lisensi ini adalah lisensi yang paling bebas. Direkomendasikan untuk penyebarluasan secara maksimal dan penggunaan materi berlisensi.

Atribusi-BerbagiSerupa 
CC BY-SA

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan di bawah syarat yang serupa. Lisensi ini seringkali disamakan dengan lisensi “copyleft” pada perangkat lunak bebas dan terbuka. Seluruh ciptaan turunan dari ciptaan Anda akan memiliki lisensi yang sama, sehingga setiap ciptaan turunan dapat digunakan untuk kepentingan komersial. Lisensi ini digunakan oleh Wikipedia, dan direkomendasikan untuk materi-materi yang berasal dari penghimpunan materi Wikipedia dan proyek dengan lisensi serupa.
Atribusi-TanpaTurunan 
CC BY-ND

Lisensi ini mengizinkan penyebarluasan ulang, baik untuk kepentingan komersial maupun nonkomersial, selama bentuk ciptaan tidak diubah dan utuh, dengan pemberian kredit kepada Anda.
Atribusi-NonKomersial 
CC BY-NC

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.
Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 
CC BY-NC-SA

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang serupa dengan ciptaan asli.
Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 
CC BY-NC-ND

Lisensi ini adalah lisensi yang paling ketat dari enam lisensi utama, hanya mengizinkan orang lain untuk mengunduh ciptaan Anda dan membaginya dengan orang lain selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda, tetapi mereka tidak dapat mengubahnya dengan cara apapun atau menggunakannya untuk kepentingan komersial.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sisi Lain

About

Flag Counter